Macam-Macam Locomotive Indonesia
D 300
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini
berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir
kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan
dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
D 301
Lokomotif D 301
adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua
setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
BB 200
Lokomotif BB 200
buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama
dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun
1957.
Lokomotif ini
berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah
(A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat
lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
BB 201
Lokomotif BB 201
buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe kedua dengan
transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
BB 202
Lokomotif BB 202
buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe ketiga
dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 70-an.
Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun
lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin
masinis ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
BB 203
Lokomotif BB 203
buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe keempat
(U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun
1978.
Bentuk, ukuran, dan
komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang
membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar
Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif
BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga
gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan
sebagai gandar penggerak.
BB 204
Lokomotif ini
berdaya mesin sebesar 1230HP,di Indonesia sejak 1981 dan kecepatan
maksimumnya 60km/jam.Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar
yang relnya bergigi.
BB 300
Lokomotif ini
berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam, buatan pabrik Fried
Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.
BB 301
Lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
BB 302
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 900 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 80 km/jam.
Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie
dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling
dihubungkan.Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Medan. Lokomotif BB 302 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell,Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1970.
BB 303
Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif ini
berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk
dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam
BB 304
Lokomotif BB 304
adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin
sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta
penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan
kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam
BB 305 CFD
Lokomotif BB 305
adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki oleh PT
Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang
BB 305 JENBACH
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
BB 306
Lokomotif BB 306
adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta
Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta
penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK).
Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak
datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak
termakan usia dan kurang suku cadang.
CC 200
LOKOMOTIF CC 200
merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah Indonesia
dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an,dan memiliki tenaga
1750Hp
CC 201
Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC200,
maka tipe CC201 mempunyai konstruksi yang lebih ramping dengan berat 84
ton dan daya mesin 1950 HP. Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya
lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar atau 6 gandar
penggerak dengan 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat
dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan.
CC 202
Lokomotif buatan
General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat di Indonesia
yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan
karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini
hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut
batu bara.
Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
CC 203
Tidak ada komentar:
Posting Komentar